Kenapa Pelukan Itu Penting ?


Salah satu penyebab renggangnya hubungan asmara kamu yakni adalah hal yang mungkin selama ini dianggap sepele buat beberapa orang, yaitu adalah berpelukan. seperti yang dikutip dari waspada.co.id. telah terbukti bahwa pasangan yang rajin berpelukan dan berbincang intim itu jauh lebih berbahagia dan juga awet hubungannya.

Seberapa besar ya kira-kira peran pelukan itu dalam sebuah hubungan ? para ahli telah merumuskan beberapa hal, yang menunjukkan bahwa berpelukan merupakan suatu hal yang wajib dan penting untuk dipelihara dan selalu dilakukan oleh setiap pasangan.

ini dia alasan-alasan yang masuk akal yang menunjukkan bahwa betapa pentingnya pelukan itu, yaitu :

-  Pelukan Dapat Memberikan Rasa Nyaman Pada Pasangan

Berpelukan itu memberikan kita perasaan yang nyaman. karena pada saat kedua orang saling berpelukan, hormon oksitosin ikut diproduksi oleh tubuh dan menciptakan perasaan yang nyaman serta bahagia. kalau kamu tidak percaya lakukan saja sekarang :)

Elizabeth Lombardo, seperti dikutip dari shape.com mendukung pernyataan ini dan menulisnya di dalam sebuah buku " A HAPPY YOU: YOUR ULTIMATE PRESCRIPTION FOR HAPPINESS."

- Pelukan Itu Membuat Merasa Sexy

Disaat PD atau Percaya dirimu hilang itu dapat memicu munculnya kekhawatiran bahkan merasakan kehilangan. sehingga mengakibatkan perasaan cemburu dan curiga jadi santapan tiap hari yang dapat menggoyahkan sebuah hubungan. penting banget bagi setiap pasangan untuk tetap merasa sexy dan percaya diri.

perasaan sexy dan percaya diri itu bisa didapat ketika sering berpelukan dengan pasangan. cewek, menyukai pelukan dari belakang atau dari samping yang dapat mendongkrak kepercayaan dirinya menjadi dua kali lipat dan membuatnya merasa sangat sexy. pada saat ini hormon dopamin diluncurkan, dan umumnya meningkatkan gairah seksual.

- Berpelukan Dapat Mengurangi Stress

Yang paling keren itu di jepang dan di beberapa negara sibuk lainnya bahkan kerap terlihat aktivis yang menawarkan pelukan secara gratis pada orang di jalan. apalagi kalau aktivisnya cantik udah kita langsung peluk aja! mayan kan.. haha. :p Hal ini dilakukan karena tingkat stres di negara-negara maju tersebut sangat tinggi.

oleh karena itu pelukan dan perhatian menjadi barang langka yang tidak mudah didapatkan dari pasangan. dan terbukti bahwa sentuhan melalui sebuah pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, sehingga otot yang tegang mereda. Inilah sebabnya stress yang dialami menjadi berkurang.

- Pelukan Dapat Mendekatkan Diri Secara Emosional

Menurut Dr. Fran Walfish, pelukan itu dapat mendekatkan seseorang dengan pasangan secara emosional. Hal ini juga terjadi pada ibu yang memeluk dan mendepak bayinya, yang membuat bayi merasa nyaman dan mengikat si bayi secara emosional sehingga hubungannya semakin erat dengan ibunya.

Pasangan yang sedang berusaha memperbaiki komunikasi dan mencegah perceraian, juga disarankan sering melakukan pelukan, sehingga hubungannya menjadi lebih baik serta mengembalikan kemesraan seperti di awal pernikahan ataupun pacaran.

- Pelukan Itu Dapat Memperbaiki komunikasi

Ada kalanya disaat kata-kata tak bisa mengungkapkan perasaan yang ada di dalam hati. untuk itulah pelukan menjadi sarana yang dapat mengungkapkan kata hati tanpa harus berbicara apapun. 5 detik pelukan jauh lebih berarti ketimbang anda hanya mengucapkan 'I Love You' kepada pasangan anda.

David Klow, seorang terapist pernikahan menyarankan agar setiap pasangan yang sedang ingin memulihkan hubungan kerap berpelukan saat mereka tak dapat mengungkapkan perasaan lewat kata-kata.


Begitu berartinya pelukan dalam sebuah hubungan sehingga dapat menjadikan hubungan langgeng dan selalu manis. So, jadi mulai sekarang dan tanpa ragu, peluklah pasanganmu sekarang juga ya ! :)


photo credit: Swift Benjamin via photopin

0 Response to "Kenapa Pelukan Itu Penting ?"