7 Makanan Ekstrim Khas Indonesia


Siapa bilang kalau mau menyantap kuliner ekstrim harus jauh-jauh ke luar negeri, ternyata di indonesia juga banyak loh makanan-makanan yang ekstrim seperti yang penulis kutip dari travelingyuk.com. kira-kira makanannya kayak apaan ya? yuk, mari kita simak. daftar-daftar makanan ekstrim yang ada di indonesia.


1. Tikus Panggang (Minahasa)

Sumber Gambar : https://rasyaikhsanmuhammad.blogspot.com

Kalau biasanya marak diberita-berita tentang baso daging tikus atau mie ayam dengan daging tikus, ini kalau kamu pergi ke Minahasa justru disana daging tikus jadi santapan yang biasa mereka makan.

menurut orang sana sich yang sudah terbiasa makan, menurut mereka dagingnya itu rasanya lezat kayak ayam bakar gitu. eits, tapi jangan salah sangka dulu tikus-tikus ini berbeda loh dengan tikus-tikus yang berada di rumah kamu. tikus ini bukan berasal dari jenis tikus yang biasa di got-got kotor melainkan tikus ini adalah tikus hutan yang masih belum terkontaminasi dengan sampah-sampah manusia.


2. Paniki Santan (Manado)

Sumber Gambar : https://andriyaniwidya.files.wordpress.com
Apa kalian sudah pernah membayangkan untuk menyantap kelelawar atau yang juga biasa disebut kalong? kalau kamu mau, maka kamu bisa datang ke Sulawesi Utara tepatnya di Manado. disana itu ada makanan khas yang menggunakan daging kelelawar atau kalong yang biasa disebut Paniki. Paniki ini dihidangkan dengan kuah santan berbahan utama daging kelelawar atau kalong tersebut. gak kebayang deh, kalau pas kamu santap terus kamu lihat kepala kelelawarnya gitu.. ihh, ngeriii~

didalam penyajiannya terdapat banyak juga potongan-potongan cabai, apa mungkin karena orang Manado itu suka pedas? ternyata alasan mereka itu untuk menyamarkan aroma kelelawar yang cenderung amis, nah, selain diolah menjadi Paniki yang pedas biasanya kelelawar juga di goreng atau di bentuk sate. hhmm, apa kalian tertarik untuk mencicipinya?.


3. Ulat Bulu (Purworejo)

Sumber Gambar : https://travelingyuk.com
Di daerah Jawa Tengah tepatnya di Purworejo. para warga disana ternyata sudah terbiasa mengkonsumsi menu makanan yang satu ini. ya, Ulat Bulu. ulat bulu menjadi makanan yang biasa mereka konsumsi, karena mereka mempercayai bahwa ulat bulu dapat menyembuhkan sakit gigi.

tapi ulat bulu yang dikonsumsi bukan sembarang ulat bulu, melainkan ulat pohon turi, karena ulat ini mengandung protein dan tidak beracun jadi aman untuk dikonsumsi. cara menyajikannya itu bisa disate ataupun langsung di goreng,


4. Jus Cacing Tanah

Sumber Gambar : https://aritunsa.com
Kalau yang satu ini merupakan resep turun temurun. konon katanya cacing tanah memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit tifus dan menambah nafsu makan. ada berbagai cara untuk mengkonsumsi cacing tanah, cacing tanah dapat diolah dengan cara dikeringkan kemudian dibuat menjadi serbuk baru nantinya bisa dijadikan jus. mau coba ?.


5. Pakasam (Banjar)

Sumber Gambar : https://kaskus.co.id
Kalian pernah ngebayangin gak, makan makanan yang didiemin selama berminggu-minggu dulu barulah bisa dikonsumsi? mungkin sebagian dari kalian akan menganggapnya seperti makan makanan busuk, tapi makanan yang seperti ini bisa kalian temukan di Banjar, Kalimantan Selatan. karena makanan ini adalah makanan khas sukunya.

makanan ini namanya Pakasam, Pakasam ini berasal dari ferkmentasi ikan air tawar dan rasanya sendiri tentunya asam. berbahan dasar ikan yang direndam dan dibersihkan sisiknya dalam larutan air garam selama dua hari. lalu kemudian dibubuhi sumber bakteri asam laktat dan disimpan di wadah selama kurang lebih seminggu, setelah fermentasi itu barulah ikan dapat dihidangkan.


6. Belalang Goreng (Gunung Kidul)

Sumber Gambar : https://yogyakarta.panduanwisata.id

Jangan dikira menyantap serangga semacam belalang itu hanya bisa kamu nikmati di thailand saja, di indonesia sendiri kamu bisa menjumpainya di Gunung Kidul, Yup, kamu bakalan menjumpai menu Belalang Goreng disana. nah, kalau di gunung kidul belalang goreng ini diolah menjadi beraneka rasa, ada pedas, manis maupun yang rasa original berbeda dengan thailand yang hanya menyajikannya dengan rasa original. Belalang goreng ini bisa kamu temukan di kios-kios dadakan di sepanjang jalan Gunung Kidul. gimana, apakah kalian berani cobain kesatria baja hitam yang di goreng ini? :D


7. Ulat Sagu (Papua)

Sumber Gambar : https://travel.detik.com

Kalau kamu traveling ke papua, ternyata disana juga ada loh kuliner ekstrim, makanan ekstrim yang satu ini berasal dari suku Kamoro, yaitu adalah ulat sagu. biasanya mereka menyantapnya mentah-mentah dan mereka mempercayai bahwa ulat sagu ini seperti jamu dan obat kuat. kerena didalam makanan ini juga dipercaya mengandung vitamin yang tinggi. gimana, apa kamu tertarik mencoba?

0 Response to "7 Makanan Ekstrim Khas Indonesia"