6 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri


Mendapatkan beasiswa pendidikan keluar negeri siapakah yang tidak mempunyai impian yang satu ini?, berikut ini mimin kasih tahu kamu beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri :


1. Yakinlah bahwa semua itu mungkin!

Kalau kamu sendiri sudah yakin dan sudah memiliki tekad yang kuat untuk mencari beasiswa yang dapat mendukung studi yang kamu impikan. maka niscaya jalan selalu ada!. karena untuk apa kamu memulai sesuatu tapi kamu sendiri tidak yakin? itu sama saja seperti kamu punya tujuan tapi kamu sendiri yang tidak mau berusaha untuk mencapainya. berusahalah dan tetap yakin terhadap tujuanmu. semakin besar impian kamu, maka perjuangannya juga tentu besar, jalani tahapan demi tahapannya.


2. Tes kemampuan bahasa asing

Untuk bisa beradaptasi di lingkungan luar, tentunya kamu harus membuktikan bahwa kamu bisa survive di negara orang dengan menguasai bahasanya, ini salah satu hal yang penting. dan persyaratan untuk beasiswa itu sendiri menuntut kamu untuk meraih level tertentu dalam kemampuan bahasa asing. biasanya yang paling umum digunakan adalah TOEFL dan IELTS. kamu bisa kok mempersiapkan diri dengan mengikuti latihan via online untuk TOEFL dan IELTS, dan kamu harus pastikan skor TOEFL diatas 550 dan untuk nilai IELTS diatas 6.5 ini merupakan posisi yang aman, namun masing-masing beasiswa punya persyaratannya sendiri. dan pastikan kamu juga berlatih membiasakan dirimu untuk berbicara dalam bahasa inggris.


3. Memilih Beasiswa

Beasiswa itu memang banyak macam, ada mengharuskan kamu mendapatkan beasiswa dulu baru penentuan universitasnya belakangan. ada juga beasiswa dari pemerintah indonesia dengan negara yang dituju. dan perhatikan juga jadwal penerimaan mahasiswa baru, biasanya dalam setahun terdapat beberapa intake pada bulan september, jadi kalau kamu sudah mengetahui informasi ini maka kamu bisa planning dan sudah mempersiapkannya lebih awal untuk mengambil intake yang mana, lalu berikut ini daftar-daftar beasiswa yang bisa kamu apply :

4. Siapkan persyaratannya

Setelah kamu mendapatkan referensi universitas, disini saatnya kamu mengumpulkan persyaratan yang diminta.biasanya yang diminta adalah ijazah, transkrip nilai, dan dokumen dasar lainnya. surat referensi yang biasanya bisa kamu dapatkan dari dosen dan dari atasan tempat kamu bekerja juga bisa, makanya kamu saat ini harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka. dan yang tak kalah penting salah satu persyaratannya juga adalah motivation letter. nah, untuk menulis motivation letter ini, tips yang paling penting adalah tulis mengapa program tersebut menarik untukmu dan kamu harus tahu mengenai jurusan yang akan kamu ambil tersebut. yakinkanlah pemberi beasiswa bahwa kamu punya komitmen untuk memberikan yang terbaik.


5. Pantang menyerah!

Selalu ingat ini, proses untuk mendapatkan beasiswa memang butuh sebuah usaha yang besar. ingatlah Semakin besar hal yang ingin kita capai, maka itu berbanding lurus dengan perjuangannya! kita pasti akan melewati proses seleksi, tes dan lain-lain dan pastinya capek bahkan mungkin kamu bisa pesimis di tengah jalan, tapi kembali lagi, kalau kamu gak yakin, ngapain kamu memulainya? kalau kamu memang ingin melanjutkan studimu ke luar negeri dan dapat beasiswa. maka pantanglah menyerah, jangan lupa berdoa sambil berusaha... Good luck!

0 Response to "6 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri"